Kamis, 28 Juli 2011

9 Tips Menyambut Ramadhan

  1. Belilah apa-apa yang dibutuhkan ketika Ramdhan sebelum Ramadhan tiba, sehingga anda dan keluarga bisa fokus menjalankan ibadah puasa. Masukkan bahan-bahan itu kedalam freezer.
  2. Jika anda memiliki kebiasaan tidur yang buruk, cobalah perbaiki sebelum ramadhan, agar anda terbiasa untuk bangun sahur.
  3. Puasa sunah Sya'ban akan membantu anda untuk membiasakan diri berpuasa di Bulan Ramadhan.
  4. Kurangi menonoton TV, persiapkan semangat keluarga untuk bulan Ramadhan. Mulailah dengan membacakan buku-buku Cerita Islam.
  5. Atur   koleksi CD untuk memudahkan  memilih dan memainkan nasyid bagus , bernyanyi bersama-sama atau membaca Al-Quran.
  6. Rencanakan sedetil mungkin kegiatan anda, membagi waktu antara keluarga dan ibadah.
  7. Persiapkan makanan sebelum ramadhan, seperti menyiapkan sayuran dan memasukkannya di freezer, Jika anda merendam kurma dengan susu atau air untuk iftar, lakukan itu sebelum ramadhan.
  8. Jika Anda berencana untuk mengundang tamu untuk berbuka, waktu terbaik untuk melakukannya adalah selama periode bulanan Anda (menstruasi). Hal ini memiliki beberapa keuntungan:Anda akan dapat mencicipi makanan yang akan dilayani.
    Anda tidak akan terlibat dalam beberapa tindakan ibadah sehingga Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memasak.
    Anda tidak akan memiliki perasaan bersalah untuk tinggal setelah 'Isya' dengan para tamu dan tidak akan ke mesjid.
  9.  Mempersiapkan anak-anak Anda sebelum Ramadhan bahwa mereka harus membantu Anda lebih dalam pekerjaan rumah tangga dan dalam pengaturan meja dan mempersiapkan berbuka. Hubungkan aksi mereka dengan gagasan perbuatan shadaqah dan baik. Ingatkan mereka bahwa pahala dari perbuatan baik mereka adalah dilipat gandakan selama Ramadhan. 
Adopted from islamonline.net and http://www.ezsoftech.com/ramadan/ramadan_tips.asp with slight modifications.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar